Halaman

Rabu, 25 April 2018

TARKIB AMIL DALAM BAHASA JAWA BANTEN

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 (بِ) حرف جر (اِسمِ) مجرور كُودُ جِر علامة جرى كسره ظاهر سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ  فعل فاعل كڠ دين بواڠ تقديرى[ اَيْ اَبْتَدِئُ بسم الله ] اي، حرف تفسير ، ابتدئ، كلمه فعل مضارع بوتن دى فرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير انا (الرحمن) دادوس صفة اول سكيڠ  لفظ الله ارى صفة كود انوت مريڠ موصوفى سمڠسا مڠسا موصوفى جر صفاتى كود جر علامة جرى كسره ظاهر (الرحيم) دادوس صفة ثانى سكيڠ لفظ الله ارى صفة كود انوت مريڠ  موصوفى سمڠسا-مڠسا موصوفى جر صفتى كود جر علامة جرى كسره ظاهر،[ صفتى صفة حقيقى ارى صفة حقيقى ايكو سمفون مشهور انتوك شرط ففات سكيڠ  سفولوه،سيهوس انتوك جر ڠبواڠ رفع لن نصب انتوك شرط سيجى سكيڠ تلو، كفيڠ دو انتوك افراد ڠبواڠ تثنيه لن جمع انتوك شرط رو٢ سكيڠ ننم، كفيڠ تلو انتوك تذكير ڠبواڠ تأنيث انتوك شرط تلو سكيڠ وولو ، كفيڠ فات انتوك تعريف عبواڠ تنكير انتوك سرط ففات سكيڠ سفولوه]. 
{توليسان لِيان سيڠ كوراڠ تيتيك ؛: سكيغ : سكيڠ، براغ:براڠ، سمغسا-مغسا :سمڠسا-مڠسا،  ككنتين ؛ ڮڮنتين، مريغ: مريڠ، كغ دين=كڠ دين ، بواغ :بواڠ، }

اِعْلَمْ اَنَّ الْعَوَامِلَ فِى النَّحْوِ مِائَةُ عَامِلٍ

 (اِعلم ) فعل امر كود جزم علامة جزمى سكون فاعلى ضمير انت (ان) حرف توكيد عملى ان ڠناصبكن اسم ڠرافاككن خبر (العوامل) دادى اسم أن كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (فى) حرف جر (النحو)مجرور كود جر علامة جرى كسره ظاهر سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ العوامل (مائة) دادى خبر أن كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر، مائة مضاف (عامل) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر سجمله اسم ان خبر ان محل نصب سدة مسد مفعولى اعلم

لَفْظِيَةٌ وَمَعْنَوِيَةٌ

(لفظية) دادى بدل سكيڠ عامل اري بدل كود انوت مريڠ مبدل منه نى سمڠسا-مڠسا مبدل منه نى جر بدلى كود جر علامة جرى كسره ظاهر (و) حرف عطف (معنوية) معطوف مريڠ لفظية اري عطف كود انوت مريڠ معطوف عليه هى سمڠسا-مڠسا معطوف عليهى جر عطفى كود جر علامة جرى كسره ظاهر.

فَاللَّفْظِيَةُ مِنْهَا عَلَى ضَربَيْنِ

 (ف) فَصِحَة (اللفظية) دادوس مبتدا كود رفع علامة رفع نى ضمه ظاهر (من) حرف جر (ها) مبنى سكون محل جر مجرور سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ اللفظية، (على) حرف جر (ضربين) مجرور كود جر علامة جرى ايا كرنا اوليه ڮڮنتين سكيڠ كسره سبب كلمه اسم تثنيه والنون عواض عن التنوين فى الاسم المفراد، افرادى ضرب براڠ كلمه اسم تثنيه هى ضربين سجمله جر مجرور تعلوق كائن محل رفع دادى خبر مبتدا.

سَمَاعِيَةٍ وَقِيَاسِيَةٍ

(سماعية) دادى بدل سكيڠ ضربين ارى بدل كود انوت مريڠ مبدل منه نى سمڠسا مڠسا مبدل منه نى جر بدلى كود جر علامة جرى كسره ظاهر (و ) حرف عطف (قياسية) معطوف مريڠ سماعية ارى عطف كود انوت مريڠ معطوف عليه هى سمڠسا مڠسا معطوف عليهى جر عطفى كود جر علامة جرى كسره ظاهر.

فَالسَّمَاعِيَةُ مِنْهَا اَحَدٌ وتِسْعُونَ عامِلاً

(ف) فَاصِحة (السماعية) دادى مبتدا كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (من) حرف جر (ها ) مبنى سكون محل جر مجرور سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ السماعية (احدٌ ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر سجمله مبتدا خبر محل نصب دادى مَقُوْلُ الْقَوْل مُقَدَّر (و ) حرف عطف (تسعون ) معطوف مريڠ احد كود رفع علامة رفع نى واو كرنا اَوْليه ڮاڮنتين سكيڠ ضمه سبب كلمه اسم ملحق جمع مذكر سالم والنون عواض عن التنوين فى الاسم المفراد (عاملا ) دادى تمييزى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر.

وَالقِيَاسِيَةُ مِنۡهَا سَبْعَةٌ

(و) حرف عطف (القياسية ) دادى مبتدا كود رفع علامة رفع نى ضمه ظاهر (من ) حرف جر (ها ) مبنى سكون محل جر مجرور سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ القياسبة (سبعة ) دادى خبرى كود رفع علامة رفع نى ضمه ظاهر سجمله مبتدا خبر محل نصب معطوف مريڠ جملهى فالسماعية.

والمعنوية منها اثنان

(و) حرف استئناف (المعنوية) دادى مبتدا كود رفع علامة رفع نى ضمه ظاهر (من ) حرف جر (ها ) مبنى سكون محل جر مجرور سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ المعنوية (اِثْنانِ) دادى خبرى كود رفع علامة رفع نى الف كرنا اوليه ڮاڮنتين سكيڠ ضمه سبب كلمه اسم ملحق تثنيه والنون عواض عن التنوين فى الاسم المفراد.

وَتُتنَوعُ السَماعِيَةُ عَلَى ثَلاثَة عَشَرَ نَوْعًا

(و ) بحسب ما قبلها (تتتوع ) كلمه فعل مضارع مجهول بوتن كفرينته كود رفع علامة رفع نى ضمه ظاهر (السماعية ) دادى نائب الفاعلى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (على ) حرف جر (ثلاثة عشر ) كلمه اسم عدد مركب مبنى فتح محل جر مجرور سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ تتتوع ( نوعا ) دادى تمييزى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر.

اَلنَّوْعُ اْلاَوَّلُ حُروفٌ تَجرُ الاسمَ فَقَطْ

(النوع ) دادى مبتدا موصوف ارتينى مبتدا موصوف ڠديڠيناكن صفة ڠاريككن خبر كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر كلمه هى كلمه اسم تتڠرى اسم الف سيريڠ لام معرفة سبب ال إفرد تذكير (الاول ) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (حروف ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (تجر ) كلمه فعل مضارع بوتن كافرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على حروف، سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيڠ حروف، سبب تونيبانى جمله خبريه هى ساهويسى نكره مخضه، نكراه مخضهى حروف براڠ جمله خبريهى تجر (الاسم ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (ف) رَابِطَه (قط) مبنى سكون محل نصب دادى ظرف اِسْتِغْرَاقْ.

وَهِيَ تِسْعَةَ عَشَرَ حَرْفًا

(و ) حرف استئناف (هي ) كلمه اسم ضمير بَارِزْ مُنْفَصِل مبنى فتح محل رفع دادى مبتدا (تسعة عشر ) كلمه اسم عَدَد مُركب مبنى فتح محل رفع دادى خبر مبتدا (حرفا ) دادى تمييزى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر.

اَلْبَاءُ وَمِنْ واِلَى وَفِى وعَنْ ووَاوُ الْقَسَمِ وَباءُ القَسَم وتاءُ القسم واللامُ ورُبَّ وَوَاوُهُ وَعَلَى والكَافُ ومُذْ ومُنْذُ وحَتَى وحَشَا وعَدا وخَلا

(الباء ) دادى بدل سكيڠ تسعة عشر كود رفع علامة رفع نى ضمه ظاهر (و ) حرف عطف (من ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (الى) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (فى) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (عن ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (واو ) معطوف مريڠ الباء كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر واو مضاف (القسم ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر (و ) حرف عطف (باء ) معطوف مريڠ الباء كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر باء مضاف (القسم ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر (و ) حرف عطف (تاء ) معطوف مريڠ الباء كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر تاء مضاف (القسم ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر (و ) حرف عطف (اللام ) معطوف مريڠ الباء كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (و ) حرف عطف (رُبَّ ) مبنى فتح محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (واو ) معطوف مريڠ الباء كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر واو مضاف (هُ)مبنى ضمه محل جر مضاف اليه (و ) حرف عطف (على ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (الكاف) معطوف مريڠ الباء كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (و ) حرف عطف (مذ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (منذ ) مبنى ضمه محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (حتى) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (حشا) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (عدا ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء (و ) حرف عطف (خلا ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الباء.

اَلنَّوعُ الثَّانِى حُرُوفٌ تَنصِبُ الاِسمَ وَتَرفَعُ الخَبَرَ

(النوع ) دادى مبتدا كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (الثانى ) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه مقدره ياء موجوده داليلى جر ( حروف ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر ( تنصب ) كلمه فعل مضارع بوتن كفرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على حروف سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيڠ حروف سبب تونبانى جمله خبريه هى سهوويسى نكره محضه، نكره محضهى حروف براڠ جمله خبريهى تنصب (الاسم ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر ( و ) حرف عطف (ترفع ) كلمه فعل مضارع بوتن دى فرنته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على حروف سجمله فعل فاعل محل رفع معطوف مريڠ جملهى تنصب (الخبر ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر.

وَ هِىَ سِتَّةُ اَحرُفٍ إِنَّ واَنَّ وَكأَنَّ ولَكِنَّ ولَيْتَ ولَعَلَّ

(و ) حرف استئناف (هى) كلمه اسم ضمير بارز منفصل مبنى محل رفع دادى مبتدا (ستة ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر ستة مضاف (احرف ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر (إن ) مبنى فتح محل رفع دادى بدل سكيڠ ستة (و) حرف عطف (أن) مبنى فتح محل رفع معطوف مريڠ إن (و) حرف عطف (كأن ) مبنى فتح محل رفع معطوف مريڠ إن (و) حرف عطف (لكن ) مبنى فتح محل رفع معطوف مريڠ إن (و) حرف عطف إن (ليت ) مبنى فتح محل رفع معطوف مريڠ إن (و) حرف عطف (لعل ) مبنى فتح محل رفع معطوف مريڠ إن

النَّوْعُ الثَّالِثُ حَرفَانِ تَرْفَعَانِ الاِسمَ وَتَنصِبَانِ الخَبَرَ

(النوع ) دادوس مبتدا كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (الثالث) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (حرفان) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى الف كرنا اوليه ككنتين سكيغ ضمه سبب كلمه اسم تثنيه والنون عواض عن التنوين فى الاسم المفراد افرادى حرفٌ براڠ اسم تثنيه هى حرفان (ترفعان) كلمه فعل مضارع بوتن كفرينته كود رفع علامة رفعنى ثُبُوتُ النون فاعلى ضمر هما تعدان على حرفان سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيغ حرفان سبب تونبانى جمله خبريهى سهوويسى نكره محضه، نكره مخضهى حرفان براڠ جمله خبريهى ترفعان (الاسم) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (و ) حرف عطف (تنصبان) كلمه فعل مضارع بوتن كفرينته كود رفع علامة رفعنى ثبوت النون فاعلى ضمر هما تعدان على حرفان سجمله فعل فاعل محل رفع معطوف مريڠ جملهى ترفعان (الخبر) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر.

وَهُمَا مَا وَلاَ المُشَبَّهَتَانِ بِلَيسَ

(و)حرف استئناف (هما ) كلمه اسم ضمر بارز منفصل مبنى مبنى سكون محل رفع دادى مبتدا (ما) مبنى سكون محل رفع دادى خبر مبتدا (و) حرف عطف (لا ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ ما (المشبهتان) دادى صفة سكيڠ ما لن لا كود رفع علامة رفعنى الف كرنا اوليه ككنتين سكيڠ ضمه سبب كلمه اسم تثنيه والنون عواض عن التنوين فى الاسم المفراد افرادى مشبهة براڠ كلمه اسم تثنيهى مشبهتان (ب) حرف جر )ليس( مبنى فتح محل جر مجرور سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ المشبهتان

النوع الرَابِعُ حُرُوْفٌ تنصِبُ الاسم فقط

(النوع ) دادى مبتدا موصوف ارتينى مبتدا موصوف ڠديڠيناكن صفة ڠاريككن خبر كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر كلمه هى كلمه اسم تتڠرى اسم الف سيريڠ لام معرفة سبب ال إفرد تذكير (الرابع ) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (حروف ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (تنصب) كلمه فعل مضارع بوتن كافرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على حروف، سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيڠ حروف، سبب تونيبانى جمله خبريه هى ساهويسى نكره مخضه، نكراه مخضهى حروف براڠ جمله خبريهى تنصب (الاسم ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (ف) رابطه (قط) مبنى سكون محل نصب دادى ظرف استغراق.

وَهِىَ سَبعَةُ اَحرُفٍ الواو والا ويَا واَيَا وَهَيَا واَيْ والهَمْزَةُ المَفْتُوْحَةُ

(و ) حرف استئناف (هى) كلمه اسم ضمير بارز منفصل مبنى فتح محل رفع دادى مبتدا (سبعة ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر سبعة مضاف (احرف ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر ، (الواو) دادى بدل سكيڠ سبعة كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (و) حرف عطف (يا) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الواو (و) حرف عطف (ا يا) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الواو (و) حرف عطف (هيا) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الواو (و) حرف عطف (اي) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى الواو (و) حرف عطف (الهمزة) معطوف مريڠ الواو كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (المفتوحة) دادى صفة سكيڠ الهمزة كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر .

النوع الخامِس حروف تنصب الفِعْلَ المُضَارِعَ

(النوع ) دادى مبتدا موصوف ارتينى مبتدا موصوف ڠديڠيناكن صفة ڠاريككن خبر كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (الخامس ) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (حروف ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (تنصب) كلمه فعل مضارع بوتن كافرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على حروف، سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيڠ حروف، سبب تونيبانى جمله خبريه هى ساهويسى نكره مخضه، نكراه مخضهى حروف براڠ جمله خبريهى تنصب (الفعل ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (المضارع) دادى صفة سكيڠ الفعل كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر.

وهى اَرْبَعَةُ اَحْرُفٍ اَنْ ولَنْ وَكَىْ وَاِذاً

(و ) حرف استئناف (هى) كلمه اسم ضمير بارز منفصل مبنى فتح محل رفع دادى مبتدا (اربعة ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر اربعة مضاف (احرف ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر ، (ان ) مبنى سكون محل رفع دادى بدل سكيڠ اربعة (و) حرف عطف (لن ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى ان (و) حرف عطف (كى) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى ان (و) حرف عطف (اذا) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى ان

النوع السادِسُ حُروفٌ تَجْزِمُ الفِعلَ المُضارِعَ

(النوع ) دادى مبتدا موصوف ارتينى مبتدا موصوف ڠديڠيناكن صفة ڠاريككن خبر كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (السادس ) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (حروف ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (تجزم) كلمه فعل مضارع بوتن كافرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على حروف، سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيڠ حروف، سبب تونيبانى جمله خبريه هى ساهويسى نكره مخضه، نكراه مخضهى حروف براڠ جمله خبريهى تجزم(الفعل ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (المضارع) دادى صفة سكيڠ الفعل كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر.

وهى خَمْسَةُ احرف لَمْ ولَمَا ولامُ اْلاَمْرِ ولاَ فِى النَّهْىِ وَإِنْ فِى الشَّرْطِ وَالجَزَاءِ

(و ) حرف استئناف (هى) كلمه اسم ضمير بارز منفصل مبنى فتح محل رفع دادى مبتدا (خمسة ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر خمسة مضاف (احرف ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر ، (لم ) مبنى سكون محل رفع دادى بدل سكيڠ خمسة (و) حرف عطف (لما ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى لم (و) حرف عطف (لام )معطوف مريڠ محلى لم كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر لام مضاف (الامر) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر (و) حرف عطف (لا) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى لم (فى) حرف جر (النهى) مجرور كود جر علامة جرى كسره ظاهر سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ صفتى لا كڠ دين بوواڠ تقديرى [ولا المستعملة فى النهى ] (و) حرف عطف (إ ن) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى لم (فى) حرف جر (الشرط) مجرور كود جر علامة جرى كسره ظاهر سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ صفتى إن كڠ دين بوواڠ تقديرى [ اي وإن الواقعة فى الشرط ] (و) حرف عطف (الجزاء) معطوف مريڠ الشرط كود جر علامة جرى كسره ظاهر

النَّوعُ السَابعُ اسْماءُ تَجْزِمُ الفِعْلَيْنِ المَضارِعين عَلى مَعنى إِنْ

(النوع ) دادى مبتدا موصوف ارتينى مبتدا موصوف ڠديڠيناكن صفة ڠاريككن خبر كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (السابع ) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (اسماء) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (تجزم) كلمه فعل مضارع بوتن كافرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على اسماء ، سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيڠ اسماء ، سبب تونيبانى جمله خبريه هى ساهويسى نكره مخضه، نكراه مخضهى اسماء براڠ جمله خبريهى تجزم(فعلين ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى ايا سبب كلمه اسم تثنيه والنون عواض عن التنوين فى الاسم مفراد افرادى فعلٌ براڠ اسم تثنيهى فعلين (مضارعين) دادى صفة سكيڠ الفعل كود نصب علامة نصبى ايا سبب كلمه اسم تثنيه والنون عواض عن التنوين فى الاسم مفراد افرادى مضارعين براڠ كلمه اسم تثنيهى مضارعين (على) حرف جر (معنى) مجرور كود جر علامة جرى كسره مقدره الف موجوده داليلى جبار معنى مضاف (إن) مبنى سكون محل جر مضاف اليه سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ تجزم

وَهِىَ تِسعَةُ اَسمَاءٍ مَن وَمَا وَاَيٌّ وَمَتَى وَمَهمَا وَاَينَ وَاَنَّى وَحَيثُمَا وَاِذمَا

(و ) حرف استئناف (هى) كلمه اسم ضمير بارز منفصل مبنى فتح محل رفع دادى مبتدا (تسعة ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر تسعة مضاف (اسماء ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر ، (من ) مبنى سكون محل رفع دادى بدل سكيڠ تسعة (و) حرف عطف (ما ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى من (و) حرف عطف (ايٌ) معطوف مريڠ من كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (و) حرف عطف (متى ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى من (و) حرف عطف (مهما ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى من(و) حرف عطف (اين) مبنى فتح محل رفع معطوف مريڠ محلى من(و) حرف عطف (انى ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى من(و) حرف عطف (حيثما ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى من(و) حرف عطف (اذما ) مبنى سكون محل رفع معطوف مريڠ محلى من

النوع الثامِنُ اسماءٌ تنصب اسماءَ النَّكِراتِ على التَّميِيزِ

(النوع ) دادى مبتدا موصوف ارتينى مبتدا موصوف ڠديڠيناكن صفة ڠاريككن خبر كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (الثامن ) دادى صفة سكيڠ النوع كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (اسماء) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر (تنصب) كلمه فعل مضارع بوتن كافرينته كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر فاعلى ضمير هى تعد على اسماء ، سجمله فعل فاعل محل رفع دادى صفة سكيڠ اسماء ، سبب تونيبانى جمله خبريه هى ساهويسى نكره مخضه، نكراه مخضهى اسماء براڠ جمله خبريهى تنصب (اسماء ) دادى مفعولى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر ، اسماء مضاف (النكرات) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر (على ) حرف جر (التمييز ) مجرور كود جر علامة جرى كسره ظاهر

وهى اربعة اسماء

(و ) حرف استئناف (هى) كلمه اسم ضمير بارز منفصل مبنى فتح محل رفع دادى مبتدا (اربعة ) دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر اربعة مضاف (اسماء ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر

اَحَدُها عَشَرَةٌ، اِذَا رُكِبَتْ مَعَ اَحَدٍ اَو اِثنَيْنِ اِلى تِسعَةٍ وَتِسْعِيْنَ

(احد ) دادى مبتدا كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر احد مضاف (ها ) مبنى سكون محل جر مضاف اليه (عشرة )دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر سجمله مبتدا خبر محل رفع دادى بدل سكيڠ اربعة (اذا) ظَرْفٌ لِمَا يَسْتَقْبِلُ مِنُ الزَّمَانِ المَاضِى خَافِضٌ لِشَرْطِهِ ومَنْصُوْبٌ لِجَوَابِهِ دَلَّ عَلَيْهِ مَا قَبْلَهُ (ركبت ) كلمه فعل ماضى مجهول مبنى فتح ظاهر [ت] علامة تأنيث نائب الفاعلى ضمير هى تعد على عشرة سجمله فعل نائب الفاعل محل جر بإضافة اذا اليها (مع ) ظرف مكان كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر ، مع مضاف (احد ) مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره ظاهر سجمله مع ظرف مضاف اليه تعلوق مريڠ ركبت (او) حرف عطف (اثنين) معطوف مريڠ احد كود جر علامة جرى ايا سبب كلمه اسم ملحق تثنيه والنون عواض عن التنوين فى الاسم المفراد (الى) حرف جر (تسعة ) مجرور كود جر علامة جرى كسره ظاهر (و)حرف عطف (تسعين) معطوف مريڠ تسعة كود جر علامة جرى ايا سبب كلمه اسم ملحق جمع مذكر سالم والنون عواض عن التنوين فى الاسم المفراد

نَحوُ رَاَيتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوكَبًا وَاِثنَى عَشَرَ وَارِثًا وَثَلَاثَةَ عَشَرَ رَجُلًا اِلَى آخِرِهِ

(نحو) دادى خبر مبتدا محدوف تقديرى [اي وذالك نحو ] اي، حرف تفسير ،و، حرف استئناف،ذا، كلمه، اسم اشاره مبنى سكون محل رفع دادى مبتدا، لام، للبعد، كاف، للحطاب لامحل لها من الاعراب، نحو، دادى خبرى كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر نحو مضاف رايت احد عشر كوكبا الخ مضاف اليه كود جر علامة جرى كسره مقدره إڠاتسى اخرى كرنا اراه حركات حكايه (راي) فعل (ت) مبنى ضمه محل رفع دادى فاعل (احد عشر) كلمه اسم عداد مركب مبنى فتح محل نصب دادى مفعول (كوكبا) دادى تمييزى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (و) حرف عطف (اثنى عشر) كلمه اسم عداد مركب مبنى فتح محل نصب معطوف مريڠ احد عشر (وارثا) دادى تمييزى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (و) حرف عطف (ثلاثة عشر) كلمه اسم عداد مركب مبنى فتح محل نصب معطوف مريڠ احد عشر (رجلا) دادى تمييزى كود نصب علامة نصبى فتح ظاهر (الى) حرف جر (اخر) مجرور كود جر علامة جرى كسره ظاهر اخر مضاف (هِ) مبنى كسره مجل جر مضاف اليه سجمله جر مجرور تعلوق مريڠ فعل كڠ دين بوواڠ تقديرى اي انتهى الى اخره

وثانيها كَمْ وثالثها كَأَيِّنْ ورابعها كَذا

(و) حرف عطف (ثانى) دادى مبتدا كود رفع علامة رفعنى ضمه مقدره على الياء الموجودة منع من ظهورها ثِقَالْ، لِثِقَلِ الضَّمَةِ عَلَى الْيَاء وَمَا قَبلها كسرة، وكسرة ما قبلها دليل عليها ثانى مضاف (ها) مبنى سكون محل جر مضاف اليه (كم) مبنى سكون محل رفع دادى خبر مبتدا سجمله مبتدا خبر معطوف مريڠ جملهى احدها عشرة (و) حرف عطف (ثالث) دادى مبتدا كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر ثالث مضاف (ها) مبنى سكون محل جر مضاف اليه (كأين) مبنى سكون محل رفع دادى خبر مبتدا سجمله مبتدا خبر معطوف مريغ جملهى احدها عشرة (و) حرف عطف (رابع) دادى مبتدا كود رفع علامة رفعنى ضمه ظاهر رابع مضاف (ها) مبنى سكون محل جر مضاف اليه (كذا) مبنى سكون محل رفع دادى خبر مبتدا سجمله مبتدا خبر معطوف مريغ جملهى احد

Bagian Selanjutnya diklik

Aplikasi download

Jumat, 06 April 2018

Syarah sittin masalah bagian 2


QOWAIDUL ISLAM, kaidah-kaidah islam  ( yakni rukun islam) ada 5 : 1. Syahadat, sesungguhnya tiada tuhan (tiada yang haq disembah ) kecuali Allah dan sesungguhnya nabi muhammad adalah utusan Allah 2. Mendirikan solat. 3. Memberikan zakat. 4. Puasa bulan romadon. 5. Haji ke baitullah (bagi) orang yang kuasa kebaitullah perjalanannya, (Empat pembahasan yang terahir akan dibicarakan ditempatnya nanti). Istinja (membersihkan apa yang ada di farji/kubuldubur dengan air atau batu alias cebok ) adalah wajib dari tiap- tiap yang keluar (baik yang lumrah seperti air kencing dan tahi ataupun yang jarang terjadi seperti darah dam nanah ) dari dua jalan (yaitu kubul dan dubur yakni dari keduanya atau salah satunya) yang membasahi (keluar dari yang istilahnya membasahi " yang tidak membasahi" seperti kentut dan cacing yang tidak membasahi, maka tidak wajib istinja dari yang tidak membasahi.).istinjanya dengan menggunakan air ( menurut asalnya dalam menghilangkan najis). Atau istinjanya dengan menggunakan batu ( karena nabi SAW membolehkan istinja dengan batu sekiranya beliau melakukannya dan memerintahkan untuk melakukannya,  yang dimaksud dengan perkataan kiyai "au hajari, atau dengan batu" ialah wajibnya tiga kali usapan dengan tiga batu atau dengan tiga sudut batu untuk semua tempat {tempat keluarnya urin atau tai/kotoran manusia, kubul dubur} apabila tidak menghasilkan bersih dengan menggunakan tiga batu maka wajib membersihkan lagi dan disunahkan berbuat ganjil {dengan 5 batu 7batu dst}, dan sungguh telah diketahui dari kalamnya/pembicaraan kiyai musonif bahwa selain duajalan {kubuldubur } ialah bukan seperti duajalan dalam hal yang kiayai musonif telah sebutkan dan hukumnya pun seperti itu, karena sesungguhnya yang keluar dari duajalan itu nyata istinjanya harus pakai air) . atau istinjanya dengan sesuatu pengganti batu (dalam hal yang dianggap cukup) dari tiap-tiap benda padat, yang suci, yang mencabut/menghilangkan, yang selain makanan, bukan yang terhormat, bukan yang membasahi (seperti pecahan bata/tembikar, kayu karena menghasilkan maksud dengannya, keluar/tidak termasuk dari istilah benda padat yaitu "benda cair" selain air yang mensucikan, seperti air mawar. keluar dari istilah benda suci yaitu "yang najis" dan yang terkena najis. keluar dari istilah yang dapat mencabut yaitu "yang tidak bisa mencabut" seperti bambu yang licin. keluar dari istilah yang bukan makanan yaitu "makanan" seperti roti. keluar dengan perkataan kiyai musonif : yang tidak terhormat, yaitu "yang terhormat" seperti hewan. dan dengan perkataan kiyai musonif: bukan yang basah "yang basah" maka tidak memcukupi/tidaksah istinja dengan salah satu yang telah disebutkan, dan jadi maksiat istinja dengan makanan dan yang terhormat. Syarat mencukupinya batu dan benda pengganti batu dari sesuatu yang keras yang disebutkan ialah najis yang keluar tidak kering dan tidak pula najisnya pindah dari tempat tetapnya saat keluar, tidak pula ada najis lain atau benda suci yang basah mengenai najis. Membaca doa bagi yang hendak masuk WC jamban dengan doa.
بسم الله ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺍِﻧّﻰْ ﺍَﻋُﻮْﺫُﺑِﻚَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺨُﺒُﺚِ ﻭَﺍﻟْﺨَﺒَﺂﺋِﺚِ
BISMILLAHI ALLOOHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WALKHOBAAITSI
Dengan menyebut nama Allah ya Allah aku berlindung kepada engkau dari syetan laki laki dan syetan perempuan. Karena mengikutu kelakuan nabi. Lafad khubuts dengan dibaca domah kha dan domah ba yaitu jama' dari lafad khobiits, lafad khobaits jama' nya lafad khobiitsat yang dimaksud dari yang tersebut ialah para laki-laki syetan dan para perempuannya. ketika telah keluar (disunahkan) membaca :
ﻏُﻔْﺮَﺍﻧَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯْ ﺍَﺫْﻫَﺐَ ﻋَﻨّﻰ ﺍْﻻَﺫَﻯ ﻭَﻋَﺎﻓَﺎﻧِﻰْ
GHUFROONAKAL AL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA 'ANNI ADZAA WA'AAFAANI
Aku minta pengampunanmu ya Allah segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan dari ku kesakitan dan telah menyehatkan ku ( karena anut lakulampahnya nabi, seseorang yang hendak buang hajat atau keperluan lain mendahulukan kaki kiri ketika masuk wc, mendahulukan kaki kanan ketika keluar.
Fardu-fardu wudu ada enam: pertama ( niat ) karena berdasarkan sabda nabi SAW:
  إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ 
INNAMAL A'MAALU BINNIYAATI
Sesungguhnya sahnya amal itu dengan   niat, niat (dengan hati ) karena sesungguhnya niat itu menyengaja maka niat tidak hasil dengan lalainya hati, disunahkan melapalkan niat dengan mulut (Wajib membarengkan niat dengan basuhan pertama bagian  dari muka) supaya niat berbarengan dengan basuhan pertama yang wajib, sebagian dari beberapa rupa niat ialah perkataan orang wudlu
ِنَوَيْتُ رَفْعَ الْحَدَث 
NAWAITU ROF'AL HADATSI 
Aku niat menghilangkan hadats kecil
Atau
نَوَيْتُ اسْتِبَاحَ الصَّلاَة 
NAWAITU ISTIBAHASHOLATI 
,Aku niat diperbolehkan solat
Atau sebagainya ( dari suatu ibadah yang butuh terhadap wudhu) seperti pegang mushaf,  tawaf.
Atau 
ِنَوَيت اَدَاءَ فَرْضِ الْوُضُوْء 
NAWAITU ADA-A FARDLIL WUDLU-I 
Aku niat menunaikan kefarduan wudu, 
Atau 
َنويت الوُضُوْء 
NAWAITUL WUDLU-A 
Aku niat wudu. 
Apabila niat didapati ditengah-tengah basuhan muka bukan awal basuhan muka, maka itu dihitung cukup dan wajib mengulangi yang sudah dibasuh. Kewajiban membarengkan niat dengan perkara yang telah disebutkan ialah supaya hal itu terhitung, perkataan kiyai musonif lafad " awwali" gugur dalam sebagian nusakh.
Yang kedua (fardu wudu) ialah membasuh muka, Allah berfirman: 

ْفَاغْسِلُوا وُجُوْهَكُم
Maka basuh lah muka mu. (Qs. Almaidah: 6.)
Dari tempat tumbuhnya rambut kepala yang lumrah, hingga sampai dagu/janggut ,(dengan dzal yang bertitik, yaitu tempat menyatunya dua tulang dagu, lahyain ialah dua tulang yang Diatasnya terdapat gigi bawah,) sebagai panjangnya muka, faidah perkataan kiyai musonif "mu'tad/lumrah" bahwa tempat ghomam yakni tempat yang ditumbuhi rambut dibagian dahi, termasuk didalam batas muka [wajib dibasuh] dan sesungguhnya tempat shol'i yaitu tempat yang botak dari rambut dari depan kepala adalah bukan dari muka [tidak wajib dibasuh], dari yang menonjol dibagian depan telinga hingga yang menonjol dibagian depan telinga yang satunya lagi adalah lebarnya muka) yang dimaksud ialah bagian luar apa yang telah disebutkan, karena tidaklah wajib membasuh dalamnya mata dan tidak sunah pula, yang dimaksud dengan "watidil udzuni" ialah yang menonjol dari apa yang ada dekat pelipis (Wajib membasuh sebagian dari kepala dan bawahnya rahang dan dagu ) dan semua yang mengelilingi muka supaya yakin semuanya terbasuh ( wajib pula membasuh bulu mata, alis, kumis, rambut yang ada dibawah mulut, rambut didekat telinga , jenggot tipis kulit serta rambutnya, [ luar dan dalamnya jenggot] wajib pula membasuh apa yang ter-urai dari jenggot yang tebal bagi laki-laki walau yang terurai itu keluar dari batas yang wajib, tidak wajib membasuh bagian dalam jenggot tebal karena sulitnya air dialirkan pada tempat itu, jenggot tipis ialah apa yang dapat terlihat kulit jenggot itu  ketika orang-hadapan, jenggot tebal ialah apa yang tidak terlihat kulit jenggot itu ketika orang berhadap-hadapan, jenggot ialah rambut yang tumbuh di dagu secara khusus, disamakan dengan jenggot dalam hukum yang telah disebutkan yaitu dua  godeg, yakni rambut yang turun dari yang sejajar pada telinga yakni jabang. (Fardu wudlu yang ketiga ialah membasuh kedua tangan serta kedua sikunya) "mirfaq" ialah nama bagi tempat bertemunya dua tulang, Allah berfirman:
وَأَيدِيكم الى المرافق
Dan tanganmu sampai dengan siku (Qs, Almaidah: 6). Fardu wudlu yang ke-empat ialah mengusap sedikitnya kulit kepala atau rambut yang tidak keluar dari batas kepala bila diulur itu rambut, Allah SWT berfirman: 
وامسحوا برءوسكم

dan sapulah kepalamu

(Al-Mā'idah):6 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (6) 

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.

Apabila membasuhnya sebagai ganti mengusap pakai air /menyapu, maka itu mencukupi. Adapun rambut yang keluar dari batas kepala dengan diuraikan, maka tidak sah mengusap dirambut itu. Fardu wudlu yang ke lima ialah membasuh kedua kaki serta kedua matakaki ( dari tiap-tiap kaki, "ka'bani" ialah dua tulang yang menonjol dari dua samping/sisi pada persendian betis dan tapak kaki, Allah SWT berfirman : 
وارجلكم الى الكعبين 
Dan(basuhlah) kakimu sampai kedua mata kaki.
Fardu wudu yang ke-enam adalah tartib ( seperti apa yang telah disebutkan oleh kiyai musonif dimulai dari membasuh muka [berbarengan dengan niat] kemudian membasuh kedua tangan kemudian mengusap kepala kemudian membasuh kedua kaki, karena ittiba' nabi. Apabila seseorang lupa terhadap tartib, maka tidak sah wudunya. 
Syarat-syarat wudu ialah: islam, tamyiz {anak kecil yang sudah bisa makan sendiri, minum sendiri, cebok sendiri} , air yang mensucikan, tidak ada sesuatu benda yang menghalangi nempelnya/mengalirnya air ke kulit, tidak sedang haid dan nifas, mengetahui tatacaranya wudu, sama seperti yang dalam pembahasan solat yang akan datang. Apa yang selain itu (yaitu apa yang selain fardu-fardu tersebut) adalah sunah-sunah (bagi wudlu) dari baca bismillah ( pada awal wudu, karena berdasarkan hadits nabi: 
تَوَضَّأُوُا بِإِسْمِ الله 
Berwudulah kamu dengan nama Allah, yakni mengucapkan itu bismillah.) Membasuh dua tapak tangan tiga kali (karena ittiba') Berkumur dan Menghisap air kehidung (sedikitnya membuat air berada dalam mulut dan hidung) Menyapu/mengusap seluruh kepala, Mengusap telinga luar dan dalam dengan air yang baru,( dan selain itu semua, menyela-nyela jenggot yang tebal, menyela-nyela jari, menigakalikan basuhan dan usapan, mendahulukan yang kanan, memanjangkan sunnah gurroh yaitu membasuh melebihi yang wajib dari wajah, Memanjangkan sunnah Tahjil yaitu membasuh apa yang diatas yang wajib dari kedua tangan dan kedua kaki, dan Mualat /bersambung tidak telat antara anggota wudu dalam bersuci.
Hal-hal yang membatalkan wudu ada 5 (lima). yang pertama ialah keluarnya sesuatu dari duajalan/kubuldubur (yakni dari salah satunya, sama saja yang keluar itu lumrah/biasa atau yang jarang, Allah SWT berfirman 
اَوْ جَاءَ أحَدٌ مِنكُم من الغائط 
Atau kembali dari tempat buang air (wc). 
Terkecuali yang keluar itu mani, maka sesungguhnya mani/sperma itu tidak membatalkan wudu). Batal wudu yang kedua ialah tidur yang tidak tetap pantatnya pada tanah (atau kendaraan atau lainya. karena berdasarkan hadits nabi SAW: 
اَلْعَيْنَانِ وِكَاءُ السِّهِ فَمَنْ نَامَ فَلْيَتَوَضَّأ
Kedua mata adalah tali pengikat dubur barangsiapa tidur maka berwudlulah. HR Abu dawud dan lainnya. Kedua mata ialah kinayah dari melek/terjaga dari tidur, " wikaa-u" dengan dibaca panjang adalah alat untuk mengikat dari tali atau lainnya, "sihi" adalah dubur. Artinya sesungguhnya melek ialah yang menjaga dubur dari keluarnya sesuatu padanya yang tidak diketahui. Tidak termasuk dengan apa yang disebutkan kiyai musonif ialah tidurnya orang yang pantat nya tetap, maka sesungguhnya hal itu tidak membatalkan wudu. 
batalnya wudhu yang ketiga ialah hilangnya kesadaran dengan sebab mabuk atau gila atau epilepsi /ayan karena sungguh hilangnya akal Sebab semua itu lebih berat daripada hilangnya akal/kesadaran sebab sedang tidur.
batalnya wudu yang ke-4 ialah bersentuhan kulit perempuan (ketika adanya perempuan itu umum atas wanita secara mutlak, maka Kyai mushonif menolak hal tersebut dengan perkataannya) yang besar selain mahram bersentuhan dengan kulit laki-laki walaupun perempuan itu nenek-nenek yang tidak ada syahwat kepadanya atau mayit perempuan karena berdasarkan firman Allah
 أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ
atau kamu menyentuh wanita.
maka batal dengan itu sentuhan wudhunya orang yang menyentuh dan orang yang tersentuh. "basaroh" ialah luarnya kulit. keluar dari pembahasan "kulit" yaitu rambut, gigi dan kuku maka sesungguhnya menyentuhnya tidak membatalkan wudu. keluar dari pembahasan "perempuan besar" yaitu bocah perempuan kecil yang belum mencapai batas syahwat padanya maka sungguh menyentuhnya tidak membatalkan wudu, begitu pula bersentuhnya perempuan dengan bocah laki-laki kecil yang belum mencapai batas syahwat. keluar dari pembahasan "selain mahram" yaitu mahram maka sesungguhnya menyentuhnya tidak membatalkan wudu. Mahram ialah orang yang haram menikahinya untuk selamanya dengan sebab mubah karena kehormatannya. Kyai mushonif menjaga dengan kata "ta'bid/ selamanya" menjaga dari orang yang haram menikahinya beserta istri (poligami) seperti adik perempuan istri dan Bibi nya atau uwa nya istri. dan menjaga dengan kata "mubah" menjaga dari ibunya perempuan yang diWati/jima dengan Wati syubhat, dan anaknya. maka kedua perempuan itu (ibunya dan anaknya) haram bagi yang meWati selamanya, dan keduanya bukan mahram bagi dia laki-laki tersebut karena tidak adanya mubaah, karena Wati dengan syubhat Mahal seperti Jariyah/budak perempuan milik lebih dari satu orang atau Wati dengan "syubhat Thoriq" seperti jariah yang dibeli dengan akad jual-beli yang rusak, adalah  haram kedua Wati tersebut. Dan Wati "syubhat fail" seperti orang yang menyangka perempuan itu adalah istrinya. Wati syubhat fail tersebut tidak disipati dengan mubah dan haram. Kiyai mushonif menjaga dengan lapad "kehormatannya" menjaga dari perempuan yang terkena Li'an/ila' maka sungguh keharamannya perempuan itu karena taglidh/memberatkan bukan karena kehormatannya.
Batal wudhu yang kelima ialah menyentuh farji atau lubang dubur dengan dalamnya telapak tangan dan dalamnya jari-jari tangan dari diri orang tersebut yakni yang memegang yakni memegang dzakar atau farji atau lubang dubur dari dirinya sendiri atau orang lain dari Bani Adam atau manusia karena berdasarkan hadis Nabi SAW:

من مس ذكره وفى رواية فرجه فليتوضأ

barangsiapa menyentuh dzakarnya dalam riwayat lain farjinya maka hendaklah ia berwudhu. 
Dan apabila sudah ditetapkan batalnya wudhu dalam sebab menyentuh parjinya sendiri, maka dalam menyentuh parjinya orang lain itu lebih lebih, karena hal itu lebih buruk dan lebih jelek,  sama saja dalam batal tersebut bagi orang yang sudah besar atau orang yang masih kecil, orang yang masih hidup ataupun orang yang sudah mati, dzakar yang lumpuh dan tangan yang Kempleng. Yang dimaksud dengan bagian dalamnya tapak tangan dan bagian dalamnya jari-jari tangan ialah apa yang tertutup apabila 2 telapak tangan disatukan dengan menekannya sedikit, keluar dari pembahasan "bagian dalam tapak tangan dan bagian dalam jari tangan" yaitu pinggir tapak tangan dan ujung jari dan yang di antara jari-jari tangan, maka sesungguhnya itu semua tidak membatalkan wudu. Adapun menyentuh Dakar, farji dan lubang dubur dari hewan maka sentuhan itu tidak membatalkan wudhu. 
(Fardhu-fardhu mandi yang wajib) dengan sebab haid atau nifas atau keluarnya mani atau masuknya khasapah ke dalam farji (adalah niat) seperti niatnya orang yang junub, niat menghilangkan junub,
ِنَوَيْتُ رَفْعَ الْجَنَابَة
niatnya orang yang haid niat menghilangkan haid.
ِنويت رفع الحَيْض
 orang nifas, niat menghilangkan nifas 
ِنويت رفع النِفَاس
atau niat semua orang tersebut niat memperbolehkan salat
نويت اِسْتِباحَةِ الصلاة
atau semisal solat dari apa yang membutuhkan mandi. atau niat menunaikan fardhu mandi 
نويت اداءَ فَرضِ الغُسل
atau niat menunaikan mandi
نويت اداءَ الغُسْل
wajib membarengkan niat di awal basuhan dari badan/tubuh.
Mengalirkan air ke seluruh tubuh rambut dan kulitnya, hingga apa yang di dalam khulfah (selubung kepala zakar) orang yang tidak disunat dalamnya telinga lubang telinga dalam satu nusakh "somahaiHuma" kedua lubang kedua  telinga, lekukan atau lipatan dalam kedua telinga yakni kedua telinga, dalamnya pusar pantat /pangkal paha dalam suatu nusakh antara kedua pantatnya/ pangkal paha malahan apa yang terlihat dari farji perempuan ketika ia duduk saat buang hajat.
(Menghilangkan najis dari bagian atas badan kalau ada najis yakni najis badan /tubuh) penjelasan mengathafkannya Kyai mushonif ini lafadz "izzalatunnajasa" terhadap kalimah sebelumnya ialah menjelaskan ijalatun najasah adalah fardhu secara mutlak, padahal hukumnya tidaklah seperti itu, tetapi keadaannya izalatunnajasah bila najis tidak hilang pada basuhan Pertama Dan apabila bisa hilang dengan basuhan pertama Maka menurut qaul ashoh,dicukupkan dengan satu basuhan untuk najis dan hadas berbeda/khilaf dengan Imam Rafi'i. Kyai mushonif mensifati lafal Guslu/ mandi dengan lafadz wajib karena melihat terhadap kalamnya kyai mushonif dalam menjelaskan apa yang mesti darinya, kalau tidak melihat itu maka mandi sunnah itu seperti mandi wajib dalam apa yang telah Ia Sebutkan. 
(Apa apa yang selain fardhu-fardhu mandi adalah sunnah-sunnah mandi) dari baca bismillah pada awal mandi, membasuh Kedua telapak tangan tiga kali, berkumur, istinsyaq dan seterusnya sampai sempurnanya wudhu dalam suatu nusakh "wudu" (dan Selain itu semua) seperti menggosok-gosok badan mentiga-kali-Kan, membasuh kepalanya dahulu kemudian bagian tubuh yang kanan kemudian bagian tubuh yang kiri.

Diharamkan sebab hadas 5 perkara, yang pertama sholat (segala macam salat) karena berdasarkan hadits nabi:
لَا يَقبَلُ اللهُ صَلاةَ احدِكم اذا اَحدث حتى يتوضأ

Allah tidak akan menerima solat seseorang dari kamu apabila ia berhadas sehingga ia berwudhu termasuk dalam arti salat ya itu sujud tilawah dan sujud syukur.  yang ke dua perkara yang diharamkan ketika berhadas ialah Tawaf dengan segala macam tawaf karena thowaf setara dengan salat seperti apa yang telah warid dalam hadis.
Yang ke tiga perkara yang diharamkan ketika berhadas ialah khutbah Jumat karena khutbah Jumat semakna dengan salat. yang keempat perkara yang diharamkan ketika berhadas ialah menyentuh mushaf karena berdasarkan firman Allah: 
لا يمسه الا المطهرون
tidaklah yang menyentuhnya (al-quran) kecuali orang-orang yang  disucikan. yang ke 5 perkara yang diharamkan sebab berhadas ialah menanggung /membawa mushaf karena menanggung/ membawa lebih berat daripada menyentuh kecuali adanya mushaf membawa /menanggungnya tersebut ikut berserta barang-barang lain.
 seperti membawa banyak barang /benda yang didalamnya terdapat mushaf. disamakan dengan mushaf dalam apa yang telah disebutkan Kyai mushonif ialah apa apa yang ditulis untuk dibaca seperti yang ditulis di papan. dikecualikan haramnya menyentuh dan memegang mushaf ialah "bocah mumayyiz yang berhadas" maka sesungguhnya dia tidak Dilarang menyentuh mushaf atau papan bertuliskan ayat Quran tidak pula Dilarang membawa  keduanya. Diharamkan dengan sebab junub delapan perkara. (diantaranya) apa-apa yang diharamkan sebab hadas/tidak punya wudu. Yaitu 5 yang sudah terdahulu. Ke-enamnya membaca Alquran walau sebagian ayat karena berdasarkan hadits nabi SAW :
لَا يَقرأُ الجُنُبُ ولا الحائض شيأ من القران
Tidaklah orang junub dan juga orang sedang haid membaca sesuatu dari Alquran.
Kecuali apa yang dikecualikan dari Alquran, seperti baca bismillah pada permulaan makan dan sebagainya, membaca Alhamdulillah ketika selesai makan, baca innalillahi wa inna ilaihi rojiun saat musibah, ketika naik kendaraan baca subhanalladzi sakhorolana hadza wama kunna Lahu mukrinin, membaca itu semua dengan tujuan tabarruk/ keberkahan saja atau tidak ada tujuan sama sekali. Adapun bila tujuannya baca Alquran saja atau baca al-quran serta dzikir maka itu diharamkan. ketujuh dan kedelapan nya ialah berdiam diri didalam masjid dan bolak balik di dalamnya, yakni di dalam masjid berbeda dengan lewat di masjid maka lewat di masjid itu boleh berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:
وَلا جُنُباً إِلاَّ عابِرِي سَبِيلٍ 
(jangan pula hampiri masjid) sedang kalian dalam keadaan junub, kecuali sekadar berlalu saja, (an-nisa:43)
dikecualikan dengan masjid yaitu Ribat/ tempat ibadah orang Sufi/ ahli tasawuf dan tempat salat hari raya dan sebagainya maka tidak diharamkan berdiam diri di situ dan bolak-balik nya. dimaafkan berdiam diri dan bolak-balik di masjid Karena sebab darurat seperti orang yang mimpi basah di masjid dan dia tidak keluar dari masjid karena takut atau sebab lainnya. Diharamkan dengan sebab haid begitupula nifas 10 perkara yaitu apa-apa yang diharamkan sebab junub yakni 8 yang terdahulu. kesembilannya puasa dengan ijma' ulama dan wajib Qodho puasa berbeda dengan salat. Kesepuluhnya ialah thalak karena membuat payah wanita yang terlalak sebab panjangnya masa iddah karena masa haid dan nifas tidak dihitung dari masa iddah. perkataan Kyai mushonif Wayahrumu bilhaidli sampai akhir qaul gugur di sebagian Nusakh sebagian dari apa yang diharamkan dengan sebab haid dan nifas juga adalah wathi/senggama dan bersenang-senang dengan apa yang di antara pusar dan dengkul. Paling sedikit masa haid adalah sehari semalam, paling banyak nya ialah 15 hari, lumrahnya /umumnya 6 atau 7 hari, paling sedikit masa suci antara dua haid ialah 15 hari, dan tidak ada batasan untuk paling banyaknya masa suci. Paling sedikit masa nifas ialah se-lahdah /sekilas, paling banyak nya 60 hari dan lumrahnya 40 hari.
Dibolehkan tayamum ketika adanya uzur dari sakit atau semisalnya, seperti orang yang takut bersuci menggunakan air terhadap fungsi anggota badannya, atau takut datangnya sakit yang ditakuti, atau takut mendapat cacat yang buruk pada anggota tubuh dan terlihat seperti muka dan kedua tangan, atau takut akan lamanya untuk sembuh,  dan seperti orang yang takut bila menuju air yang cukup dekat dengannya, takut membahayakan  dirinya (akan adanya hewan buas musuh Atau lainnya) atau takut akan hartanya (dari pencuri misalnya,) atau takut akan terpisah dari teman-temannya, atau takut akan Habisnya waktu salat, atau dia menemukan air yang dijual lebih mahal dari harga pasaran di waktu dan tempat itu, atau ia menemukan air sedangkan ia butuh air itu untuk memberi minum hewan yang terhormat yang kehausan di saat itu atau saat nantinya, atau ia butuh terhadap biaya beli air itu untuk kebutuhannya membayar hutang atau untuk biaya perjalanan atau untuk biaya nafkah hewan yang terhormat. Dan (dibolehkan tayamum pula) karena tidak kuasa dari menggunakan air seperti seseorang yang tidak menemukan air. Apabila ada luka /penyakit di anggota tubuh dan tidak ada yang menutupinya, maka dibasuh lah bagian yang sehat dari anggota tubuh itu dan bertayamum pada luka/ penyakit anggota tersebut diwaktu membasuhnya, bila hadas nya bukan hadas besar, kalau hadas besar maka tidak ada tartib antara membasuh dan mentayamumi. Apabila di luka/ penyakit itu ada yang menutupi dan takut mencopotnya, takut terjadi sesuatu dari apa yang telah disebutkan yang lalu, maka wajib membasuh seluruh yang menutupi luka Sebagai tambahan atas apa yang terdahulu, membasuhnya dengan air. Syarat-syarat tayamum ialah masuknya waktu untuk mengerjakan salat atau semisal salat. Apabila seseorang bertayamum sedang ia ragu-ragu Dalam masuknya waktu maka tidak sah tayamum nya karena tayamum itu thoharoh /bersuci darurat. tidak ada darurat sebelum masuk waktu. Syarat tayammum yang lainnya ialah upaya mencari air setelah masuk waktu, bila perlu terhadap pencarian air tersebut) yaitu kepada pencarian, maka pencarian itu wajib dari apa yang dimungkinkan adanya air disitu. Adapun bila tidak perlu mencari air karena yakin tidak ada air, atau tayammumnya sebab sakit atau sebagainya maka tayammum tidak disyaratkan harus mencari air. Syarat tayammum yang lainnya ialah ( debu yang kencucikan) dengan segala macam debu, sebagian dari yang berkenaan dengan debu/tanah ialah keadaannya berdebu yang dapat menempel diwajah dan kedua tangan seperti apa diambil dari apa yang bakal disebutkan, Allah SWT berfirman :
 فَتَيَمَّمُوا صَعِيداً طَيِّباً

maka bertayamumlah kalian dengan tanah yang baik (suci);
yaitu tanah/debu yang suci.
Keluar dengan perkataan kiyai mushonif " turob/ tanah" yaitu apu/kapur, pecahan batukapurhalus, pasir yang tak berdebu, yang tercampur dengan tepung dan semisalnya, maka tidak sah tayammum dengan salah satu yang disebutkan tadi.
dan Keluar dengan perkataan kiyai musonif lafad " thohur/suci" yaitu yang mutanjis/ yang terkena najis, begitu juga yang musta'mal yaitu apa yang tersisa dianggota tayammum sesudah mengusap/menyapunya atau yang tercecer dari anggota tayammum setelah mengenainya. Maka tidak sah tayammum dengan sesuatu dari itu tadi.
(Fardu-fardu tayammum) yaitu tayammum, yakni rukun-rukun tayammum (ada empat) pertama ialah (niat diperbolehkan  solat) atau semisalnya dari apa yang butuh diperbolehkannya kepada bersuci, seperti tawaf, menanggung mushaf, sujud tilawah atau sujud syukur. Wajib membarengkan niat ketika mengalihkan debu terus menerus sampai mengusap sesuatu dari wajah, kemudian apabila seseorang niat diperbolehkannya fardu dan sunnah maka diperbolehkan baginya fardu dan sunnah, atau niat diperbplehkannya solat [solat apasaja yang bukan fardu] atau sunnah, maka dibolehkan baginya solah sunnah tidak fardu kecuali solat jenazah. Keluar  dengan lafad "niat istibahah/ niat diperbolehkan" yaitu niat menghilangkan hadats, niat fardu tayammum, atau niat tayammum  yang difardukan, maka semua itu tidak cukup / tidak sah.
Kedua dan ketiganya fardu tayammum ialah (mengusap muka dan kedua tangan) serta kedua siku, dengan cara meratakan usapan dengan dua kali.
Allah ta'ala berfirman: 
فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم
smaka sapulah mukamu dan tanganmu.
Ke-empatnya fardu tayammaum ialah (tartib) dengan cara mengusap muka awalnya, terus mengusap kedua tangan, sbagian dari fardu tayammum juga ialah mengalihkan debu ke anggota yang diusap, dan dua kali mengalihkan debu, sekali untuk muka sekali untuk kedua tangan. (Sunah-sunah) tayammum ialah ( baca bismillah, mendahulukan yang kanan mengakhirkan yang kiri) mendahupukan bagian atas wajah mengakhirkan bawah wajah ( menipiskan debu ) dari tapak tangan kalau banyak debunya dengan cara mengibaskan keduanya atau meniupnya dengan sekiranya yang masih yang diperlukannya saja. (Muwalat) ialah meruntut ( dan selain itu semua) seperti merenggangkan jari diawal tiap usapan, mencopot cincin dipukulan usapan pertama [usapan wajah] adapun mencopotnya di pukulan usapan kedua maka itu wajib. Pekataan kiyai musonif "wasunanuhu/sunah-sunah tayammun sampai ahir perkataan" ialah gugur disebagian nusakh.
Batal-batal tayammum ialah apa-apa yang membatalkan wudu, yaitu lima perkara yang telah lalu yang jadi sebab-sebab hadats kecil, Sebagian dari apa yang membatalkan tayammum pula ialah memungkinkannya orang yang bertayammum karena tidak ada air memungkinkan menemukan air diluar solat atau ia mampu menemukan air ditengah solat Yang solat itu tidak gugur dengan tayammum, dengan alasan ia tayammum ditempat yang lumrah adanya air ditempat itu. Dan murtad. 
(Orang yang tayammum itu tayammumnya cuma untuk tiap-tiap satu fardu) walau ia belum berhadats, maka tidak boleh menggabungkan tayammum satu untuk dua fardu, dua solat, atau satu tayammum untuk dua tawaf, atau satu tayammum untuk solat dan tawaf, atau khutbah jumat dan solat jumat. Seseorang melakukan solat dengan tayammum solat sunah apa saja Yang ia kehendaki sebelum solat fardu atau sesudahnya diwaktunya atau setelahnya) karena solat sunah itu tidak dihitung, maka ada keringanan dalam solat sunah. Solat jenazah itu seperti solat sunah, maka dibolehkan antara solat fardu dan solat jenazah. Hukumnya sunah yang selain solat itu seperti hukum solat sunah dalam apa yang disebutkan kiyai musonif. Dalam suatu nusakh sebagai ganti perkataan kiyai musonif "qobla solati" dst (dan seterusnya) ialah "qoblu dan ba'du".

Selanjutnya klik disini