ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺷﻤﺲ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺑﻮ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠّﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻗﺎﺳﻢ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲّ ﺗﻐﻤﺪﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺮﺣﻤﺘﻪ ﻭﺭﺿﻮﺍﻧﻪ ﺁﻣﻴﻦ : ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺗﺒﺮﻛﺎً ﺑﻔﺎﺗﺤﺔ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻷﻧﻬﺎ ﺍﺑﺘﺪﺍﺀ ﻛﻞ ﺃﻣﺮٍ ﺫﻱ ﺑﺎﻝ، ﻭﺧﺎﺗﻤﺔ ﻛﻞ ﺩﻋﺎﺀ ﻣﺠﺎﺏ، ﻭﺁﺧﺮ ﺩﻋﻮﻯ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺩﺍﺭ ﺍﻟﺜﻮﺍﺏ، ﺃﺣﻤﺪﻩ ﺃﻥ ﻭﻓﻖ ﻣﻦ ﺃﺭﺍﺩ ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﻩ ﻟﻠﺘﻔﻘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻋﻠﻰ ﻭﻓﻖ ﻣﺮﺍﺩﻩ، ﻭﺃﺻﻠﻲ ﻭﺃﺳﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻓﻀﻞ ﺧﻠﻘﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺳﻴﺪ ﺍﻟﻤﺮﺳﻠﻴﻦ، ﺍﻟﻘﺎﺋﻞ : 'ﻣَﻦْ ﻳُﺮِﺩِ ﺍﻟﻠّﻪُ ﺑﻪِ ﺧَﻴْﺮﺍً ﻳُﻔَﻘِّﻬْﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪِّﻳﻦ' ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻣﺪﺓ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﺬّﺍﻛﺮﻳﻦ ﻭَﺳَﻬْﻮِ ﺍﻟﻐﺎﻓﻠﻴﻦ .
. Syaikh Al Imam Al ‘Alim Al ‘Alamah Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Qosim As Syafi’i -Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keridlhoannya amin- berkata : Seluruh pujian hanya hak Allah, memulainya dengan hamdalah karena berharap berkah, karena merupakan permulaan setiap urusan yang penting, penutup setiap puji yang diijabah, dan akhir ungkapan orang-orang mu’min di surga, kampung pahala. Aku memujiNya yang telah memberikan taufiq kepada setiap yang Dia kehendaki dari kalangan para hambanya, untuk tafaquh di dalam Agama sesuai dengan yang dikehendakiNya. Aku bersholawat dan memohonkan keselamatan bagi makhluk termulia, Muhammad penghulu para
utusan, yang bersabda :
ﻣَﻦْ ﻳُﺮِﺩِ ﺍﻟﻠّﻪُ ﺑﻪِ ﺧَﻴْﺮﺍً ﻳُﻔَﻘِّﻬْﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪِّﻳﻦ “
Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikannya maka Dia Ta’ala akan memahamkannya pada agama” (HR. Bukhori[71], Muslim[1037]), demikian pula sholawat dan salam bagi seluruh pengikut dan sahabatnya, selama ada orang-orang yang berdzikir dan adanya orang-orang yang lalai.
( ﻭﺑﻌﺪ ) : ﻫﺬﺍ ﻛﺘﺎﺏ ﻓﻲ ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ ﻭﺍﻟﺘﻬﺬﻳﺐ، ﻭﺿﻌﺘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍﻟﻤﺴﻤﻰ ﺑﺎﻟﺘﻘﺮﻳﺐ ﻟﻴﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﺋﻴﻦ ﻟﻔﺮﻭﻉ ﺍﻟﺸﺮﻳﻌﺔ ﻭﺍﻟﺪﻳﻦ، ﻭﻟﻴﻜﻮﻥ ﻭﺳﻴﻠﺔ ﻟﻨﺠﺎﺗﻲ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ، ﻭﻧﻔﻌﺎً ﻟﻌﺒﺎﺩﻩ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺇﻧﻪ ﺳﻤﻴﻊ ﺩﻋﺎﺀ ﻋﺒﺎﺩﻩ، ﻭﻗﺮﻳﺐ ﻣﺠﻴﺐ، ﻭﻣﻦ ﻗﺼﺪﻩ ﻻ ﻳﺨﻴﺐ }ﻭَﺇﺫَﺍ ﺳَﺄَﻟَﻚَ ﻋِﺒَﺎﺩِﻱ ﻋَﻨِّﻲ ﻓَﺈﻧِّﻲ ﻗَﺮِﻳﺐٌ{ ( ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : ﺍﻵﻳﺔ 186 ) . ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻳﻮﺟﺪ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﻧﺴﺦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻓﻲ ﻏﻴﺮ ﺧﻄﺒﺘﻪ ﺗﺴﻤﻴﺘﻪ ﺗﺎﺭﺓ ﺑﺎﻟﺘﻘﺮﻳﺐ، ﻭﺗﺎﺭﺓ ﺑﻐﺎﻳﺔ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ، ﻓﻠﺬﻟﻚ ﺳﻤﻴﺘﻪ ﺑﺎﺳﻤﻴﻦ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ : (ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻘﺮﻳﺐ ﺍﻟﻤﺠﻴﺐ ) ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺃﻟﻔﺎﻅ ﺍﻟﺘﻘﺮﻳﺐ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ' ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ .' ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻄﻴﺐ : ﻭﻳﺸﺘﻬﺮ ﺃﻳﻀﺎً ﺑﺄﺑﻲ ﺷﺠﺎﻉ ﺷﻬﺎﺏ ﺍﻟﻤﻠﺔ ﻭﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﻷﺻﻔﻬﺎﻧﻲ ﺳﻘﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺛﺮﺍﻩ ﺻﺒﻴﺐ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ ﻭﺍﻟﺮﺿﻮﺍﻥ، ﻭﺃﺳﻜﻨﻪ ﺃﻋﻠﻰ ﻓﺮﺍﺩﻳﺲ ﺍﻟﺠﻨﺎﻥ .
Kemudian, kitab ini sangatlah ringkas dan runtut, kitab ini saya berinama At Taqrib, dengan harapan para pemula bisa mengambil manfa’at dalam masalah cabang syari’at dan agama, dan supaya menjadi media bagi kebahagiaanku pada hari pembalasan, serta bermanfa’at bagi para hambanya dari orang- orang Islam. Sesungguhnya Dia maha Mendengar permintaan hambanya, Maha Dekat lagi Maha Mengabulkan, orang yang memaksudkanNya tidak akan sia-sia “Jika hambaku bertanya kepada mu, maka sesungguhnya Aku sangatlah Dekat”. (QS. Al Baqoroh : 186). Ketahuilah!, dalam sebagian naskah kitab pada muqoddimahnya terkadang penamaanya dengan At Taqrib dan terkadang pula dengan Ghoyatul Ikhtishor, oleh karena itu saya pun manamainya dengan dua nama, pertama Fathul Qorib Al Mujib Fi Syarhi Alfadzi At Taqrib , kedua Al Qaul Al Mukhtar Fi Syarhi Ghoyatil Ikhtishor. As Syaikh Al Imam Abu Thoyyib, dan terkenal pula dengan nama Abi Suja’ Syihabul millah wad dien Ahmad bin Al Husain bin Ahmad Al Ashfahaniy – semoga Allah memperbanyak curahan rahmat dan keridlhoan kepadanya, dan menempatkannya di surga tertinggi– berkata:
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠّﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ) ﺃﺑﺘﺪﻯﺀ ﻛﺘﺎﺑﻲ ﻫﺬﺍ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﺳﻢٌ ﻟﻠﺬﺍﺕ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ، ﻭﺍﻟﺮّﺣﻤﻦ ﺃﺑﻠﻎ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ . ( ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ) ﻫﻮ ﺍﻟﺜﻨﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﺎﻟﺠﻤﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﺘﻌﻈﻴﻢ ( ﺭﺏِّ ) ﺃﻱ ﻣﺎﻟﻚ ( ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ) ﺑﻔﺘﺢ ﺍﻟﻼﻡ، ﻭﻫﻮ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﺍﺳﻢ ﺟﻤﻊ ﺧﺎﺹّ ﺑﻤﻦ ﻳﻌﻘﻞ ﻻ ﺟﻤﻊ، ﻭﻣﻔﺮﺩﻩ ﻋﺎﻟﻢ ﺑﻔﺘﺢ ﺍﻟﻼﻡ، ﻷﻧﻪ ﺍﺳﻢ ﻋﺎﻡ ﻟﻤﺎ ﺳﻮﻯ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺍﻟﺠﻤﻊ ﺧﺎﺹّ ﺑﻤﻦ ﻳﻌﻘﻞ . ( ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ) ﻭﺳﻠﻢ ( ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﻨﺒﻲّ ) ﻫﻮ ﺑﺎﻟﻬﻤﺰ ﻭﺗﺮﻛﻪ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺃﻭﺣﻲَ ﺇﻟﻴﻪ ﺑﺸﺮﻉ ﻳﻌﻤﻞ ﺑﻪ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺆﻣﺮ ﺑﺘﺒﻠﻴﻐﻪ ﻓﺈﻥ ﺃﻣﺮ ﺑﺘﺒﻠﻴﻐﻪ ﻓﻨﺒﻲّ ﻭﺭﺳﻮﻝ ﺃﻳﻀﺎً . ﻭﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻳﻨﺸﻰﺀ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻣﺤﻤﺪ ﻋﻠﻢ ﻣﻨﻘﻮﻝ ﻣﻦ ﺍﺳﻢ ﻣﻔﻌﻮﻝ ﺍﻟﻤﻀﻌﻒ ﺍﻟﻌﻴﻦ، ﻭﺍﻟﻨﺒﻲّ ﺑﺪﻝ ﻣﻨﻪ ﺃﻭ ﻋﻄﻒ ﺑﻴﺎﻥ ﻋﻠﻴﻪ . (ﻭ ) ﻋﻠﻰ ( ﺁﻟﻪ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮﻳﻦ ) ﻫﻢ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺃﻗﺎﺭﺑﻪ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻮﻥ ﻣﻦ ﺑﻨﻲ ﻫﺎﺷﻢ، ﻭﺑﻨﻲ ﺍﻟﻤﻄﻠﺐ، ﻭﻗﻴﻞ ﻭﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ : ﺇﻧﻬﻢ ﻛﻞّ ﻣﺴﻠﻢ . ﻭﻟﻌﻞّ ﻗﻮﻟﻪ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮﻳﻦ ﻣﻨﺘﺰﻉ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : } ﻭَﻳُﻄَﻬِّﺮُﻛُﻢْ ﺗَﻄْﻬِﻴﺮﺍً { ( ﻭ ) ﻋﻠﻰ (ﺻﺤﺎﺑﺘﻪ ) ﺟﻤﻊ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﻨﺒﻲّ ﻭﻗﻮﻟﻪ (ﺃﺟﻤﻌﻴﻦ ) ﺗﺄﻛﻴﺪ ﻟﺼﺤﺎﺑﺘﻪ
[Bismillahirrohmaanirrohim] Aku memulai tulisan ini Allah merupakan nama bagi Dzat Yang Wajib Adanya ‘wajibul wujud’ Ar Rohman lebih menyampaikan daripada Ar Rohim. [Al Hamdu] merupakan pujian kepada Allah Ta’ala dengan keindahan/kebaikan disertai pengagungan. [Robbi] yaitu Yang Maha Menguasai. [Al ‘Aalamin] dengan difatahkan, ia sebagimana pendapat Ibnu Malik : Kata benda jamak yang khusus digunakan bagi yang berakal, bukan seluruhnya. Kata tunggalnya ‘aalam dengan difathahkan huruf lam, ia merupakan nama bagi selain Allah Ta’ala dan jamaknya khusus bagi yang berakal. [Dan sholawat Allah] serta salam [atas pengulu kita, Muhammad sang Nabi] ia dengan hamzah dan tidak dengan hamzah adalah manusia yang diberikan wahyu kepadanya dengan syari’at yang dia beramal dengannya walaupun tidak diperintahkan menyampaikannya, maka jika diperintahkan menyampaikan maka dia Nabi dan Rosul. Maknanya curahkanlah sholawat dan salam kepadanya. Muhammad adalah nama yang diambil dari isim maf’ul al mudlho’af al ‘ain. Dan Nabi merupakan badal dari nya atau ‘athof bayan. [Dan] bagi [keluarganya yang suci], mereka sebagaimana diungkapkan As Syafi’i : Keluarganya yang beriman dari Bani Hasyim dan Bani Al Mutholib, dikatakan dan An Nawawi memilihnya : Mereka adalah seluruh orang muslim. Mudah-mudahan perkataanya ath thohirin diambil dari firmanNya Ta’ala : “dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya” (QS. Al Ahzab : 33). [Dan] bagi [para sahabatnya], ia jamak dari shohibun nabi . Dan perkataanya [seluruhnya] merupakan takid ‘penegas’ dari Sahabat.
ﺛﻢ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺃﻧﻪ ﻣﺴﺆﻭﻝ ﻓﻲ ﺗﺼﻨﻴﻒ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺨﺘﺼﺮ ﺑﻘﻮﻟﻪ : ﺳﺄﻟﻨﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﺻﺪﻗﺎﺀ ) ﺟﻤﻊ ﺻﺪﻳﻖ . ﻭﻗﻮﻟﻪ : (ﺣﻔﻈﻬﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ) ﺟﻤﻠﺔ ﺩﻋﺎﺋﻴﺔ (ﺃﻥ ﺃﻋﻤﻞ ﻣﺨﺘﺼﺮﺍً ) ﻫﻮ ﻣﺎ ﻗﻞ ﻟﻔﻈﻪ ﻭﻛﺜﺮ ﻣﻌﻨﺎﻩ ( ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻘﻪ ) ﻫﻮ ﻟﻐﺔ ﺍﻟﻔﻬﻢ، ﻭﺍﺻﻄﻼﺣﺎً ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﺎﻷﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ ﺍﻟﻌﻤﻠﻴﺔ، ﺍﻟﻤﻜﺘﺴﺐ ﻣﻦ ﺃﺩﻟﺘﻬﺎ ﺍﻟﺘﻔﺼﻴﻠﻴﺔ . ( ﻋﻠﻰ ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻹﻣﺎﻡ ) ﺍﻷﻋﻈﻢ ﺍﻟﻤﺠﺘﻬﺪ ﻧﺎﺻﺮ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺑﻲ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠّﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺇﺩﺭﻳﺲ ﺑﻦ ﺍﻟﻌﺒﺎﺱ ﺑﻦ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺷﺎﻓﻊ . (ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ) ﻭﻟﺪ ﺑﻐﺰﺓ ﺳﻨﺔ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﻭﻣﺎﺋﺔ ﻭﻣﺎﺕ (ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺭﺿﻮﺍﻧﻪ ) ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺳﻠﺦ ﺭﺟﺐ ﺳﻨﺔ ﺃﺭﺑﻊ ﻭﻣﺎﺋﺘﻴﻦ، ﻭﻭﺻﻒ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻣﺨﺘﺼﺮﻩ ﺑﺄﻭﺻﺎﻑ ﻣﻨﻬﺎ ﺃﻧﻪ ( ﻓﻲ ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ ﻭﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻹﻳﺠﺎﺯ ) ﻭﺍﻟﻐﺎﻳﺔ ﻭﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ ﻣﺘﻘﺎﺭﺑﺎﻥ ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ ﻭﺍﻹﻳﺠﺎﺯ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﺃﻧﻪ ( ﻳﻘﺮﺏ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺘﻌﻠﻢ ) ﻟﻔﺮﻭﻉ ﺍﻟﻔﻘﻪ ( ﺩﺭﺳﻪ ﻭﻳﺴﻬﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻯﺀ ﺣﻔﻈﻪ ) ﺃﻱ ﺍﺳﺘﺤﻀﺎﺭﻩ ﻋﻠﻰ ﻇﻬﺮ ﻗﻠﺐ ﻟﻤﻦ ﻳﺮﻏﺐ ﻓﻲ ﺣﻔﻆ ﻣﺨﺘﺼﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻘﻪ .
Kemudian penulis menyebutkan bahwa dia menulis ringkasan ini karena suatu permintaan, dalam perkataannya : [sebagian ‘al asdhiqo’ sahabat- sahabtku memintaku], ia jamak dari shodiiq. Dan perkataanya : [semoga Allah Ta’ala menjaga mereka], ia merupakan kalimat du’a. [supaya aku membuat suatu ringkasan], ia adalah sesuatu yang sedikit lafadznya dan banyak maknanya [dalam fiqih], ia secara bahasa bermakna pemahaman, adapun secara istilah adalah pengetahuan mengenai hukum-hukum syar’iyah ‘amaliyah yang diusahakan dari dalil-dailnya yang rinci. [Madzhab Al Imam] yang mulia, mujtahid, penolong sunnah dan agama, Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin Al Abbas bin Utsman bin Syafi’i. [Asy Syafi’i] dilahirkan di Gaza tahun 150 H dan wafat [semoga kepadanya tercurah rahmat dan keridlhoanNya] hari Jum’at akhir bulan Rajab tahun 204 H. Penulis mensifati ringkasannya dengan ragam sifat, diantaranya [pada puncak ringkasan dan akhir rangkuman] dan kata-kata al ghoyah dan nihayah memiliki kedekatan makna, demikian pula al ikhtisor dan al ijaz, diantara sifatnya pula [mendekatkan pemahaman pada pelajar] kepada cabang fiqih [untuk mempelajarinya dan mempermudah para pemula untuk menghafalnya] yakni menghadirkannya dari hafalan bagi orang-orang yang berkeinginan menghafal ringkasan ilmu fiqih.
(ﻭ ) ﺳﺄﻟﻨﻲ ﺃﻳﻀﺎً ﺑﻌﺾ ﺍﻷﺻﺪﻗﺎﺀ (ﺃﻥ ﺃﻛﺜﺮ ﻓﻴﻪ ) ﺃﻱ ﺍﻟﻤﺨﺘﺼﺮ ( ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻘﺴﻴﻤﺎﺕ ) ﻟﻸﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﻔﻘﻬﻴﺔ (ﻭ ) ﻣﻦ ( ﺣﺼﺮ ) ﺃﻱ ﺿﺒﻂ ( ﺍﻟﺨﺼﺎﻝ ) ﺍﻟﻮﺍﺟﺒﺔ ﻭﺍﻟﻤﻨﺪﻭﺑﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ( ﻓﺄﺟﺒﺘﻪ ﺇﻟﻰ ) ﺳﺆﺍﻟﻪ ﻓﻲ ( ﺫﻟﻚ ﻃﺎﻟﺒﺎً ﻟﻠﺜﻮﺍﺏ ) ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺟﺰﺍﺀ ﻋﻠﻰ ﺗﺼﻨﻴﻒ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺨﺘﺼﺮ ( ﺭﺍﻏﺒﺎً ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ) ﻓﻲ ﺍﻹﻋﺎﻧﺔ ﻣﻦ ﻓﻀﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺗﻤﺎﻡ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺨﺘﺼﺮ ﻭ ( ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻟﻠﺼﻮﺍﺏ ) ﻭﻫﻮ ﺿﺪ ﺍﻟﺨﻄﺄ (ﺇﻧﻪ ) ﺗﻌﺎﻟﻰ ( ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻳﺸﺎﺀ ) ﺃﻱ ﻳﺮﻳﺪ ( ﻗﺪﻳﺮ ) ﺃﻱ ﻗﺎﺩﺭ ( ﻭﺑﻌﺒﺎﺩﻩ ﻟﻄﻴﻒ ﺧﺒﻴﺮ ) ﺑﺄﺣﻮﺍﻝ ﻋﺒﺎﺩﻩ، ﻭﺍﻷﻭﻝ ﻣﻘﺘﺒﺲ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : } ﺍﻟﻠّﻪُ ﻟَﻄِﻴﻒٌ ﺑِﻌِﺒَﺎﺩِﻩِ { ( ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺸﻮﺭﻯ : ﺍﻵﻳﺔ 19 ) ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : } ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﺤﻜِﻴﻢُ ﺍﻟﺨﺒﻴﺮُ{ (ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻷﻧﻌﺎﻡ : ﺍﻵﻳﺔ 18 ) ﻭﺍﻟﻠﻄﻴﻒ ﻭﺍﻟﺨﺒﻴﺮ ﺍﺳﻤﺎﻥ ﻣﻦ ﺃﺳﻤﺎﺋﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﻭﻣﻌﻨﻰ ﺍﻷﻭﻝ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺑﺪﻗﺎﺋﻖ ﺍﻷﻣﻮﺭ ﻭﻣﺸﻜﻼﺗﻬﺎ، ﻭﻳﻄﻠﻖ ﺃﻳﻀﺎً ﺑﻤﻌﻨﻰ ﺍﻟﺮﻓﻴﻖ ﺑﻬﻢ، ﻓﺎﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﺎﻟﻢ ﺑﻌﺒﺎﺩﻩ، ﻭﺑﻤﻮﺍﺿﻊ ﺣﻮﺍﺋﺠﻬﻢ، ﺭﻓﻴﻖ ﺑﻬﻢ، ﻭﻣﻌﻨﻰ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻗﺮﻳﺐ ﻣﻦ ﻣﻌﻨﻰ ﺍﻷﻭﻝ، ﻭﻳﻘﺎﻝ ﺧﺒﺮﺕ ﺍﻟﺸﻲﺀ ﺃﺧﺒﺮﻩ ﻓﺄﻧﺎ ﺑﻪ ﺧﺒﻴﺮ، ﺃﻱ ﻋﻠﻴﻢ . ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ .
[Dan] sebagian sahabat meminta pula supaya aku [memperbanyak didalamnya] yakni di dalam ringkasan tersebut [pembagian-pembagian] ahkam fiqhiyyah [dan] dari [membatasi] yakni seksama [dalam menentukan] yang wajib, mandzub dan selain keduanya. [Maka aku berkeinginan mengabulkan pada] permintaannya karena [mengharap pahala] dari Allah Ta’ala atas usaha menulis ringkasan ini. [Harapan hanya kepada Allah yang maha suci lagi maha tinggi] di dalam bantuan –dari keutamaanNya– untuk menuntaskan ringkasan ini, dan [harapan pula hanya kepada Allah, untuk mendafatkan taufiq pada kebenaran], ia merupakan lawan dari salah. [SesungguhNya] Ta’ala [atas segala sesuatu yang dikehendakiNya yakni diinginkannya [Maha Mampu] yakni Maha Sanggup [dan Dia kepada para hambanya Maha Lembut lagi Maha Mengetahui] keadaan para hambanya. Yang pertama diambil dari firmanNya Ta’ala “Allah Maha Lembut kepada para hambanya” (QS. Asy Syuro : 19), yang kedua diambil dari firmanNya Ta’ala “Dan Dia Maha Bijaksana lgi Maha Mengetahui” (QS. Al An’am : 18), al lathif dan al Khobir merupakan dua nama diantara nama-nama Allah Ta’ala. Makna yang pertama ‘al lathif’ yang mengetahui segala sesuatu secara detil dan permasalahan-permasalahannya, ia kadang dimutlakan pula pada makna Maha lembut kepada mereka, maka Allah Maha Mengetahui tentang para hambanya dan tempat-tempat kebutuhan/kehendak/keinginan mereka lagi Maha lembut kepada mereka. Makna yang kedua memiliki kedekatan makna dengan yang pertama, dikatakan : khobartu asysyaia akhbarohu fa anaa bihi ke, yakni mengetahui.
Selanjutnya klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar