أَلنَّوْعُ اْلأَوَّلُ حُرُوْفٌ تَجُرُّ اْلإِسْمَ فَقَطْ وَهِيَ تِسْعَةُ عَشَرَ حَرْفًا : أَلْبَاءُ وَمِنْ وَإِلَى وَفِى وَعَنْ وَعَلَى وَوَاوُالْقَسَمِ وَبَاءُالْقَسَمِ وَتَاءُ الْقَسَمِ وَاللاَّمُ وَرُبَّ وَوَاوُهُ وَعَلَى وَالْكَافُ وَمُذْ وَمُنْذُ وَحَتَّى وَحَاشَا وَعَدَا وَخَلاَ
أَلنَّوْعُ الثَّانِى حُرُوْفٌ تَنْصِبُ اْلإِسْمَ وَتَرْفَعُ اْلخَبَرَ وَهِيَ سِتَّةُ أَحْرُفٍ إِنَّ وَأَنَّ وَكَأَنَّ وَلَكِنَّ وَلَيْتَ وَلَعَلَّ
أَلنَّوْعُ الرَّابِعُ حُرُوْفٌ تَنْصِبُ اْلإِسْمَ فَقَطْ وَهِيَ سَبْعَةُ أَحْرُفٍ أَلْوَاوُ وَإِلاَّ وَيَا وَأَيَا وَهَيَا وَأَيْ وَاْلهَمْزَةُ اْلمَفْتُوْحَةُ
أَلنَّوْعُ السَّابِعُ أَسْمَاءٌ تَجْزِمُ اْلفِعْلَيْنِ اْلمُضَارِعَيْنِ عَلَى مَعْنَى إِنْ وَهِيَ تِسْعَةُ أَسْمَاءٍ مَنْ وَمَا وَأَيٌ وَمَتَى وَمَهْمَا وَأَيْنَ وَأَنَّى وَحَيْثُمَا وَإِذْمَا
نَحْوُ رَأَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَإِثْنىَ عَشَرَ وَارِثًا وَثَلاَثَةَ عَشَرَ رَجُلاً اِلىَ اَخِرِهِ وَثَانِيْهَاكَمْ وَثَالِثُهَا كَأَيِّنْ وَرَابِعُهَا كَذَا
أَلنَّوْعُ اْلعَاشِرُ أَفْعَالُ النَّاقِصَةِ تَرْفَعُ اْلإِسْمَ وَتَنْصِبُ اْلخَبَرَ وَهِيَ ثَلاَثَةَ عَشَرَ فِعْلاً كَانَ وَصَارَ وَأَصْبَحَ وَأَمْسَى وَأَضْحَى وَظَلَّ وَبَاتَ وَمَازَالَ وَمَابَرِحَ وَمَافَتِىءَ وَمَاإِنْفَكَ وَمَادَامَ وَلَيْسَ وَمَا يَتَصَرَّفَ مِنْهُنَّ
أَلنَّوْعُ اْلحَادِيْ عَشَرَ أَفْعَالٌ تُسَمَّى أَفْعَالَ اْلمُقَارَبَةِ تَرْفَعُ اْلإِسْمَ وَتَنْصِبُ اْلخَبَرَ وَهِيَ أَرْبَعَةُ أَفْعَالٍ عَسَى وَكَادَ وَكَرِبَ وَأَوْشَكَ أَلنَّوْعُ الثَّانِي عَشَرَ أَفْعَالُ اْلمَدْحِ وَالذَّمِّ تَرْفَعُ اْلإِسْمَ اْلجِنْسِ اْلمُعَرَّفَ بِاْلأَلِفِ وَاللاَّمِ وَاْلمَخْصُوْصَ بِاْلمَدْحِ وَالذَّمِّ وَهِيَ أَرْبَعَةُ أَفْعَالٍ نِعْمَ وَبِئْسَ وَسَاءَ وَحَبَّذَا
أَحَدُهَا اْلفِعْلُ عَلَى اْلإِطْلاَقِ وَثَانِيْهَا إِسْمُ اْلفَاعِلِ وَثَالِثُهَا إِسْمُ اْلمَفْعُوْلِ وَرَابِعُهَا اْلصِفَةُ اْلمُشَبِّهَةُ وَخَامِسُهَا إِسْمُ اْلمَصْدَرِ وَسَادِسُهَا كُلُّ إِسْمٍ أُضِيْفَ اِلىَ اسْمٍ أَخَرَ وَسَابِعُهَا كُلُّ اسْمٍٍ تَمٍّ فَاسْتَغْنىَ عَنِ اْلإِضَافَةِ وَهُوَ يَقْتَضِى تَمْيِيْزًا لِإِبْهَامِهِ
بسم الله الرّحمن الرّحيم
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Yang Maha Penyayang.
اعلم أنّ العوامل في النحو مائة : عامل لفظية و معنوية ، فاللفظية منها على ضربين : سماعية و قياسية ، فالسّماعية منها احد و تسعون عاملا ، و القياسية منها سبعة ، و المعنوية منها إثنان
Ketahuilah bahwa sungguh ‘amil didalam ilmu Nahwu itu ada seratus (100), terdiri dari
‘amil lafdziyah dan ‘amil maknawiyah.
‘Amil lafdziyah itu dari Seratus ada dua macam, yaitu: Sama-‘iyah dan Qiyasiyah.
‘Amil sama-‘iyah dari sratus ada sembilan puluh satu (91) ‘amil. ‘Amil qiyasiyah dari seratus ada tujuh (7) ‘amil. ‘Amil maknawiyah dari seratus ada dua (2) ‘amil.
و تتنوع السّماعية على ثلاثة عشر نوعا
‘Amil sama-‘iyah terbagi atas tiga belas (13) pembagian:
النوع الاول : حروف تجر الاسم فقط : وهي تسعة عشر حرفا
Pembagian yang pertama:
Huruf-huruf yang men-jar-kan isim saja, yaitu sembilan belas (19) huruf, yaitu:
الباء ، ومن ، والى ، وفى ، وعن ، وواو القسم ، وباء القسم ، وتاء القسم ، واللام ، وربّ ، وواوه ، وعلى ، والكاف ، ومذ ، ومنذ ، وحتى ، وحاشا ، وعدا ، وخلا
= Dengan ب
= Dari من
= Ke - kepada - hinggaإلى
= Di - dalam – padaفى
= Dari – tentangعن
= Demi و
= Demiب
= Demiت
= Untuk - milik - bagiل
= Kadang-kadang - barangkali - acapkaliرب
و = رب yang sama maknanya dengan
= Diatasعلى
= Sepertiك
= Sejak - semenjak - sedariمذ
= Sejak - semenjak - sedariمنذ
= Sehingga - sebelum - sampaiحتى
= Selain - kecuali - melainkanحاشا
= Selain - kecuali - melainkanعدا
= Selain - kecuali - melainkanخلا
النوع الثانى : حروف تنصب الاسم وترفع الخبر ، وهى ستة احرف
Pembagian yang kedua adalah
Huruf-huruf yang me-nasab-kan isim dan me-rafa’-kan khabar, yaitu enam (6) huruf:
إنّ ، وأنّ ، وكأنّ ، ولكنّ ، وليت ، ولعلّ
= Sesungguhnyaإن
= sesungguhnya أن
Serupa - seolah-olah - sepertiكأن
= Tetapi - melainkanلكن
= Moga-moga - mudah-mudahan - mengharapkan yang tidak mungkinليت
= Mudah-mudahan - barangkaliلعل
النوع الثالث : حرفان ترفعان الاسم وتنصبان الخبر ، وهما ما و لا المشبّهتان بليس
Pembagian yang ketiga:
Dua huruf yang me-rafa’-kan isim dan me-nasab-kan khabar, yaitu ما dan لا, yang serupa dengan ليس
النوع الرّابع : حروف تنصب الاسم فقط ، وهي سبعة احرف
Pembagian yang keempat:
Huruf yang me-nasab-kan isim saja, yaitu tujuh (7) huruf:
الواو ، والاّ ، ويا ، وأيا ، وهيا ، وأي ، والهمزة المفتوحة
= Bersama - beserta و
=الا Kecuali -
يا
= Wahaiأيا
= Wahaiهيا
= Wahaiأي
= Wahaiأ
النوع الخامس : حروف تنصب الفعل المضارع ، وهى اربعة احرف
Pembagian yang kelima:
Huruf yang me-nasab-kan fi-‘il mudlari’, yaitu empat (4) huruf:
أن ، ولن ، وكي ، واذا
= Bahwa أن
= Tidak ada - belum لن
= Supaya - agar كي
= Tiba-tiba - jika demikian إذا
النوع السّادس : حروف تجزم الفعل المضارع ، وهي خمسة احرف
Pembagian yang keenam:
Huruf yang men-jazam-kan fi-‘il mudlari’, yaitu lima (5) huruf:
لم ، ولمّا ، ولام الامر ، و - لا - في النهى ، و- إن - في الشرط والجزاء
= Tidak - tidak ada - belum لم
= Belum لما
= Hendaklah ل
= Jangan لا
= Jika إن
النوع السّابع : اسماء تجزم الفعلين المضارعين على معنى : إن ، وهي تسعة اسماء
Pembagian yang ketujuh:
Isim yang men-jazam-kan dua fi-‘il mudlari’ yang mengandung makna IN SYARAT yaitu sembilan (9) isim:
من ، وما ، وايّ ، ومتى ، ومهما ، واين ، وانى ، وحيثما ، واذما
= Jika siapa saja - barangsiapa من
= Jika apa saja ما
= Jika siapa saja أي
= Jika kapan saja متى
= Jika dimana saja مهما
= Jika dimana saja أين
= Jika dimana saja أنى
= Jika sekiranya حيثما
= Jika - jikalau - kalau إذما
النوع الثامن : اسماء تنصب اسماء النكرات على التمييز ، وهي اربعة اسماء : احدها : عشرة اذا ركبت مع احد اواثنين الى تسعة و تسعين ،
نحو رايت احد عشركوكبًا واثنى عشر وارثًا وثلاثة عشر رجلًا الى اخره ، وثانيها : كم ، وثالثها : كايّن ، ورابعها : كذا
Pembagian yang kedelapan:
Isim yang me-nasab-kan isim nakirah yang berkedudukan sebagai tamyiz, yaitu empat (4) isim, salah satunya adalah lafal عشرة“sepuluh” apabila berkumpul bersama احد “satu” (sebelas) atau “dua” (duabelas) sampai lafal تسعة وتسعين “sembilan puluh sembilan” - Seumpama: “Aku melihat sebelas bintang, dua belas ahli waris, tiga belas laki-laki” - hingga akhirnya.
Kedua:
= Berapa? كم
Ketiga:
= Berapa? كأين
Keempat:
= Seperti itu - demikian كذا
النوع التاسع : كلمات تسمّى اسماء الافعال ، بعضها تنصب وبعضها ترفع ، وهي تسع كلمات ، الناصبة منها ستّ كلمات
Pembagian yang kesembilan:
Kalimat isim fi‘il, sebagian me-rafa’-kan, dan sebagian me-nasab-kan, yaitu sembilan (9) kalimat.
Yang me-nasab-kan ada enam (6) kalimat, yaitu:
رويد ، و بله ، و دونك ، و عليك ، و هاء ، و هيهال
رويد
sama dengan
أمهل
Berlahan-lahan kamu! =
بله
sama dengan
أترك Meninggalkanlah kamu! =
عليك sama dengan إلزم Mesti kamu! =
دونك sama dengan خذ Mengambillah kamu! =
هاء sama dengan خذ Mengambillah kamu! =
= Panggillah - datangkanlah حيهل
الرّافعة منها ثلاث كلمات
Yang me-rafa’-kan ada tiga kalimat:
هيهات ، و شتان ، و سرعان
هيهات sama dengan بعد Jauh sekali =
شتان sama dengan بعد Jauh =
سرعان sama dengan أسرع Cepatlah - lekaslah – bersegeralah =
النوع العاشر : افعال الناقصة ، ترفع الاسم وتنصب الخبر وهي ثلاثة عشر فعلا
Pembagian yang kesepuluh:
Fi‘il naqishah yang me-rafa’-kan isim dan me-nasab-kan khabar, yaitu tiga belas (13) macam fi‘il, yaitu:
كان ، و صار ، و اصبح ، و امسى ، و اضحى ، و ظل ، و بات ، و مازال ، و مابرح ، و مافتئ ، و ما انفك ، و مادام ، و ليس ، ومايتصرّف منهنّ
= Adalah - keadaan كان
= Menjadikan صار
= Waktu pagi اصبح
= Waktu sore امس
= Waktu dhuha اضحى
= Waktu siang ظل
= Waktu malam بات
= Senantiasa ما زال
= Senantiasa ما برح
= Senantiasa ما فتىء
= Senantiasa ما انفك
= Selama ما دام
= Tidak ada - bukan ليس
Dan yang di-tashrif-kan dari semua fi'il tersebut.
tersebut.
النوع الحادى عشر : افعال تسمّى افعال المقاربة ، ترفع الاسم وتنصب الخبر ، وهي اربعة افعال
Pembagian yang kesebelas:
Fi‘il Muqarabah yang me-rafa’-kan isim dan me-nasab-kan khabar, yaitu empat (4) kalimat:
عسى ، و كاد ، و كرب ، و اوشك
= Mudah-mudahan - besar harapan عسى
= Hampir كاد
= Hampir كرب
= Hampir اوشك
النوع الثانى عشر : افعال المدح والذم ، ترفع الاسم الجنس المعرّف بالالف واللام والمخصوص بالمدح والذم وهي اربعة افعال
Pembagian yang kedua belas:
Fi‘il maddah (pujian) dan dzamm (mencela) yang me-rafa’-kan isim jenis yang di-ma’rifah-kan dengan alif-lam dan ditentukan dengan maddah (pujian) dan dzamm (celaan), yaitu empat (4) fi‘il:
نعم ، و بئس ، و ساء ، و حبّذا
= Sebaik-baiknya نعم
= Sejahat-jahatnya بئس
= Sejelek-jeleknya ساء
= Alangkah baiknya! حبذا
النوع الثالث عشر : افعال الشك واليقين تدحل على اسمين ثانيهما عبارة عن الاوّل وتنصبهما جميعا على المفعولين ، و هي سبعة افعال
Pembagian yang ketiga belas:
Fi‘il syak dan yaqin yang memasuki kepada dua isim, isim yang kedua itu adalah sama ibarat dari isim pertama, yakni isim kedua itu menentukan isim pertama dalam makna karena pada dasarnya adalah mubtada dan khabar, dan di-nasab-kan keduanya (yang sebelumnya menjadi mubtada dan khabar) menjadi dua maf‘ul, yaitu tujuh (7) fi‘il:
حسبت ، و خلت ، و ظننت ، و رايت ، و علمت ، و وجدت ، و زعمت
= Aku menduga حسبت
= Aku menduga خلت
= Aku menduga ظننت
= Aku mengetahui dengan yakin رأيت
= Aku mengetahui dengan yakin علمت
= Aku mengetahui dengan yakin وجدت
= Aku menduga زعمت
و القياسية منها سبعة : احدها : الفعل على الاطلاق ، و ثانها : اسم الفاعل ، و ثالثها : اسم المفعول ، و رابعها : الصّفة المشبّهة ، و خامسها : اسم المصدر ، و سادسها : كل اسم اضيف الى اسم اخر ، و سابعها : كل اسم تم فاستغنى عن الاضافة ، وهو يقتضى تمييزا لإبهامه
Amil qiyasiyah diantaranya itu adalah tujuh (7) macam:
1. Fi‘il umum (yaitu fi‘il madli, atau fi‘il mudlari’ atau fi‘il amar),
2. Isim fa‘il,
3. Isim maf‘ul,
4. Sifat musyabbahah,
5. Mashdar,
6. Tiap-tiap mudlaf yang di-idlafah-kan kepada isim lainnya,
7. Tiap-tiap isim yang sempurna dan terkaya (tidak butuh) dari idlafah, isim tersebut membutuhkan kepada tamyiz karena mubham (samar.
و المعنوية منها عددان : العامل فى المبتداء و الخبر وهو الابتداء ، و العامل فى الفعل المضارع وهو وقوعه موقع الاسم ، نحو : زيد يضرب فى موضع : زيد ضارب
‘Amil maknawi diantaranya itu ada dua:
1. ‘Amil pada mubtada dan khabar, yaitu: Ibtida'.
2. ‘Amil pada fi‘il mudlari’ yaitu terletak fi‘il mudlari’ pada tempat isim, seumpama:
زيد يضرب
Pada tempat
زيد ضارب
فهذه مائة عامل لايستغنى منها الصّغير و الكبير ، و الرّفيع و الوضيع عن معرفتها و استعمالها في معمولاتها و اوردنا بيانها على طريق الحساب والعددالمقسوم ، وبالله التّوفيق والله اعلم بالصّواب
Inilah seratus amil yang tidak terkaya oleh orang yang kecil dan orang yang besar, orang yang tinggi dan orang yang rendah untuk mengenalnya dan mengamalkan didalam amalan-amalannya dan kami mendatangkan pernyataannya dengan cara menghitung bilangan yang terbagi-bagi.Hanya Allah yang maha memberi faham dan hanya Allah yang maha mengetahui dengan kebenaran.
TAMAT
Aasalamualaikum Alhamdulillah kang ayung postingan ini sangat membantu izin save copas ya kang ayung terimakasih
BalasHapusWaalaikumsalam
BalasHapusSilahkan